Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 2021
Membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris memang membutuhkan keterampilan khusus. Selain harus memperhatikan grammar, pelamar juga harus bisa menyampaikan skill yang dimiliki dengan bahasa yang profesional.
Judith Johnstone dalam bukunya The Job Application Handbook menjelaskan, keberhasilan dalam melamar pekerjaan tergantung pada perencanaan. Melamar pekerjaan sama saja dengan memulai proyek lain, keduanya membutuhkan persiapan yang baik.
Setidaknya ada 2 hal yang harus disiapkan sebelum memulai menulis, yaitu file data pribadi dan catatan pekerjaan seperti deskripsi perusahaan, data perusahaan, hingga data-data yang dibutuhkan untuk menunjang penulisan surat lamaran kerja.
Biasanya, HRD akan memperhatikan surat yang menarik. Seperti apa isinya?
Tips Menulis Surat Lamaran Kerja
Dikutip dari The Muse, berikut tips terbaik untuk menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris agar dilirik HRD:
1. Tulis surat lamaran baru untuk setiap pekerjaan.
2. Jangan salah pilih template surat.
Untuk memudahkan penulisan, gunakan template sesuai dengan ciri perusahaan yang ingin dilamar.
3. Awali dengan salam.
4. Sertakan nama manajer perekrutan.
Bisa menggunakan nama depan atau nama belakang. Lalu, sertakan panggilan seperti Tuan atau Nyonya. Contoh: "Dear Ms. Jane Smith" atau hanya "Dear Ms. Smith".
Jangan menggunakan sapaan umum seperti "To Whom it May Concern" atau "Dear Sir or Madam". Jika tidak tahu nama manajer perekrutan, bisa ditujukan untuk kepala departemen pada posisi yang dilamar.
Jika tidak menemukan satupun nama orang yang dimaksudkan pada ketentuan di atas, maka tujukan pada bidang yang masih cukup spesifik, seperti "Systems Engineer Hiring Manager" atau "Account Executive Search Committee."
5. Buatlah kalimat pembuka yang menarik perhatian manajer perekrutan.
Tidak perlu mengawali dengan menyebutkan nama, biasanya perekrut akan melihatnya di resume.
Ada baiknya menyebutkan pekerjaan yang dilamar. Selain itu, bisa juga menambahkan sesuatu yang sederhana seperti "I am excited to apply for (job) with (Company)."
Perkenalkan diri dengan kalimat pertama yang menunjukkan kegembiraan tentang perusahaan yang ingin dilamar, pekerjaan yang akan dilakukan, atau bisa juga menyebutkan pencapaian di masa lalu.
6. Pada bagian isi surat, tulis lebih detail tentang profil diri.
Jangan hanya menjelaskan sama persis tentang apa yang ada di resume. Detikers, bisa menggambarkan lebih jelas terkait pengalaman dan pencapaian sebelumnya.
Paparkan alasan mengapa detikers cocok untuk bekerja pada posisi yang dilamar. Ini bertujuan untuk meyakinkan manajer perekrutan ketika membaca surat lamaran.
7. Jangan pikirkan apa yang dapat dilakukan perusahaan untuk anda.
Tapi, cobalah untuk mengidentifikasi titik-titik masalah perusahaan atau masalah mereka yang perlu dipecahkan oleh orang yang akan mereka pekerjakan.
Kemudian, tekankan keterampilan dan pengalaman yang detikers miliki yang menunjukkan detikers adalah orang yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.
8. Cantumkan pengalaman yang tepat.
Jika tidak yakin dengan keterampilan dan pengalaman yang dimiliki, detikers bisa cek lagi persyaratan yang diberikan oleh perusahaan.
Biasanya, persyaratan paling penting untuk posisi tersebut akan dicantumkan pertama kali dalam deskripsi pekerjaan atau disebutkan lebih dari satu kali.
Trik lainnya, copy deskripsi pekerjaan ke dalam alat cloud kata seperti WordClouds. Lalu, lihat apa yang menonjol. Itulah yang paling dicari oleh manajer perekrutan.
9. Tunjukkan keahlian yang detikers miliki.
Hal ini penting untuk menyiasati ketika detikers memiliki potensi untuk melakukan pekerjaan itu, tetapi belum memiliki pengalaman yang cukup menjual.
10. Jangan terlalu fokus pada pendidikan, itu tidak diperlukan.
Kesalahan yang sering terjadi bagi fresh graduate adalah terlalu fokus menulis latar belakang pendidikan mereka. Karena, pada akhirnya manajer perekrutan akan memperhatikan pengalaman kerja, bisa juga pengalaman magang selama kuliah.
11. Hindari kata-kata yang menunjukkan kelemahan keterampilan yang dimiliki.
Seperti "Despite my limited experience as a manager..." atau "While I may not have direct experience in marketing..."
12. Tuliskan dengan angka.
HRD senang melihat tentang statistik. Itu menunjukkan bahwa pelamar memiliki dampak terukur pada organisasi atau perusahaan tempat detikers melamar.
13. Jangan terlalu kaku.
Bersikap terlalu formal bisa menjadi bumerang bagi detikers. Pakar karir Mark Slack mengatakan hal tersebut akan terlihat seperti tidak tulus, terlihat seperti robot, dan tidak ramah.
14. Jangan terlalu panjang.
Biasanya surat lamaran tidak lebih dari satu halaman. Survei menunjukkan, semakin pendek surat lamaran sekitar 250 kata lebih disukai oleh HRD.
15. Tutup dengan paragraf yang menekankan ketertarikan terhadap perusahaan.
Susun kalimat yang kuat dan menarik. Ini adalah kesempatan terakhir untuk meyakinkan HRD. Contohnya "I'm passionate about (Company)'s mission and would love to bring my (tulis keterampilan luar biasa yang dimiliki di sini) to this position."
16. Edit dan cek kembali tulisan.
Terutama tentang ejaan dan tata bahasa. Bisa minta orang lain yang dipercaya untuk membantu mengecek surat lamaran yang detikers tulis.
Sekian artikel tentang Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 2021 yang kami urai sejelas-jelasnya agar mudah anda pahami. Semoga yang kami bagikan diatas bisa menjadi refrensi anda untuk menentukan pekerjaan yang anda inginkan. Terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.